5 Tips Cerdas Memilih Smartphone Untuk Bisnis

bisnis bareng pasangan
Bisnis Bareng Pasangan, Profesional dengan 5 Cara Ini!
March 20, 2018
Ayo Praktik! 3 Teknik Copywriting Profesional Untuk Meningkatkan Penjualan
April 17, 2018

5 Tips Cerdas Memilih Smartphone Untuk Bisnis

smartphone-untuk-bisnis

Smartphone, tidak hanya menjadi kebutuhan untuk memenuhi kepuasan pribadi namun tak jarang juga diperlukan untuk kebutuhan bisnis. Setujukah Anda dengan ini, Kanefoodies? Apalagi jika model bisnis Anda adalah bisnis online. Mau tidak mau, Anda pasti membutuhkan smartphone khusus untuk memfasilitasi bisnis online Anda tersebut.

Baik bisnis modal kecil pun bisnis dengan modal besar, keberadaan smartphone sebagai fasilitas pendukung kini semakin tinggi urgensinya. Jika Anda memilih jalan untuk berbisnis online, Anda tidak harus memiliki barang yang dijual di dekat Anda. Cukup dengan gadget terkini seperti smartphone, laptop, dan tentunya jaringan internet maka Anda sudah bisa memulai bisnis online.

Fungsi smartphone untuk bisnis online agaknya tidak hanya untuk sarana komunikasi. Namun juga mendokumentasikan barang-barang penjualan, melakukan rekapitulasi data dan pembukuan online, hingga sarana promosi di internet. Lalu, smartphone seperti apa yang cocok untuk mewadahi kebutuhan bisnis online Anda?

Baca juga: 5 Cara Branding Lewat Instagram yang Belum Anda Tahu

5 Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Memilih Smartphone Untuk Bisnis Online

 

1. Sesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan bisnis

Tahu OS kan, Kanefoodies? Operation System (OS) atau sistem operasi adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih smartphone untuk bisnis. Baik iOS, Android, atau Blackberry, semuanya punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Jika Anda sering mengunduh aplikasi, yang mana bisnis online Anda ini membutuhkan banyak tools, pilihlah Android. Kalau lebih mementingkan keamanan, pilihlah iOS karena sistemnya menggunakan closed sourced. Sehingga meminimalisir terjadinya ancaman virus, malware, potensi hacking, dan lainnya. Sementara untuk memisahkan informasi personal dan bisnis, mungkin Blackberry bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Terkait kapasitas smartphone, pilihlah yang besar

Sekarang banyak smartphone yang hanya mengandalkan internal storage atau penyimpanan di dalam smartphone, tanpa harus ada tambahan microSD. Untuk mempermudah bisnis online, pilihlah yang kapasitasnya besar.

Hal ini bertujuan untuk menyimpan seluruh data-data penting seperti foto produk, data transaksi, dan kontak. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memilih keunggulan lain sementara pekara data bisa Anda letakkan di cloud computing.

Baca juga: Nggak Asal Eksis, Invesitasi di Social Media Itu Perlu. 5 Taktik Ini Layak Ditiru!

3. RAM besar untuk multitasking

RAM alias Random Access Memory adalah yang paling sering dilihat untuk kebutuhan akses data lebih cepat. RAM yang besar biasanya disukai oleh para gamers, sehingga aplikasi tidak cepat hank.

Untuk bisnis online, Anda mungkin akan melakukan kegiatan multitasking sehingga untuk menghindari hank atau nge-lag, Anda butuh smartphone dengan RAM minimal 2 GB. Jangan lupa, bersihkan cache dan history minimal seminggu agar smartphone tidak lemot.

4. Resolusi kamera tinggi dan lensa kamera yang memadai

Untuk urusan kamera, memang segala smartphone tidak akan menyaingi kamera yang literally kamera. Namun, agar lebih praktis, sebaiknya Anda memilih smartphone dengan fitur kamera terbaik.

Bisnis online biasanya membutuhkan foto produk, update kegiatan bisnis di media sosial untuk brand activate, dan lain-lain. Penting bagi Anda untuk mendokumentasikan kegiatan bisnis online dan bisa juga untuk foto produk tanpa mahal dengan smartphone mumpuni yang Anda miliki.

Baca juga: Strategi 3C (Content, Communitiy, Commerce) untuk Media Sosial agar Brand Makin Dikenal

5. Membeli pada produsen smartphone yang terpercaya dan memilih merek yang dapat diandalkan

Soal merek, biasanya selera. Jika Anda perhati betul tentang gadget dan smartphone, Anda pasti tahu mana yang paling dengan menimbang ini dan itu. Kelebihan, kekurangan, fitur, dan harga. Selain merek yang dapat diandalkan, ada lagi yang tidak kalah penting yakni produsen smartphone.

Produsen smartphone yang terpercaya dan sudah teruji kualitasnya akan membuat Anda lebih puas. Smartphone yang Anda dapatkan adalah smartphone yang berkualitas sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakannya lebih baik dan lebih awet atau tahan lama.

Begitulah tips mengenai smartphone yang dapat Kanefood berikan untuk menunjang bisnis online maupun offline Anda. Teliti dalam memilih, dan bijaklah sebelum membeli. Semangat terus untuk berbisnis, jangan lupa lakukan inovasi dan perkembangan setiap waktu agar bisnis Anda makin sukses setiap harinya. Semangat!

Featured images via freepik.com

A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat