Bisnis Bareng Pasangan, Profesional dengan 5 Cara Ini!

4 Solusi Atasi Modal Bisnis Terbatas Untuk Anda yang Ingin Membuka Bisnis Sendiri
March 6, 2018
smartphone-untuk-bisnis
5 Tips Cerdas Memilih Smartphone Untuk Bisnis
April 3, 2018

Bisnis Bareng Pasangan, Profesional dengan 5 Cara Ini!

bisnis bareng pasangan

Sudah bukan zamannya kalau bisnis masih malu-malu. Mau bisnis modal kecil, bisnis dengan modal segudang, dengan siapapun partner Anda, lakukanlah. Adalah tren bisnis bareng pasangan, seperti pasangan seleb Ayudia dan Ditto yang makin lengket karena berkarya berdua. Di dunia ini pun, pasti banyak sekali pasangan suami-istri atau pasangan kekasih yang tidak hanya menjalin hubungan asmara namun juga memanfaatkan kedekatan itu untuk kemudian berbisnis bersama. Anda kah salah satunya?

Lantas yang biasanya menjadi persoalan adalah bagaimana berlaku profesional? Bagaimana bisnis dengan pasangan bisa berjalan lancar dan baik? Dilansir dari Liputan6.com, berikut Kanefood rangkumkan beberapa cara tepat untuk Anda, Kanefoodies, yang ingin atau mungkin sudah berbisnis dengan pasangan. Seperti apa?

5 Cara Profesional Berbisnis dengan Pasangan

1. Miliki tujuan yang sama

Butuh komitmen yang lebih untuk menjadikan pasangan sebagai rekan bisnis sekaligus. Untuk membangunnya, Anda tentu harus memiliki tujuan yang sama. Apa yang mendasari Anda mau menjalani bisnis ini, kemudian apa yang membuat Anda tidak ragu untuk menjalaninya bersama pasangan, samakan visi dan misi. Jika di tengah jalan salah satunya lupa, jangan segan untuk saling mengingatkan.

2. Bertanggung jawab pada peran masing-masing

Kunci sukses berbisnis dengan pasangan adalah pandai bermain peran. Anda harus tahu kapan menjadi pasangan yang siap memanjakan dan kapan harus menjadi rekan kerja yang siap tegas. Bekerjalah sesuai keahlian dan peran masing-masing dan bertanggug jawablah terhadap itu. Sepakati peran masing-masing, konsisten menjalaninya, dan hendaknya saling menghormati peran pasangan.

Baca juga: Bisnis Itu Harus Saling Percaya

3. Kenali gaya manajemen Anda sendiri

Penting untuk mengetahui bagaimana cara kerja pasangan Anda, tapi yang lebih penting adalah mengetahui cara kerja Anda sendiri. Kenali gaya manajemen Anda sendiri, atur senyaman mungkin bagaimana cara Anda bekerja. Seperti apa Anda harus membuat keputusan, mengelola tim, mengelola bisnis, menerima masukan, dan lain-lain. Idealkan dengan cara kerja pasangan, agar lebih enak dalam berkolaborasi.

Pada beberapa kasus, seringkali bisnis bareng pasangan bisa gagal karena hal ini. Tidak cocok dengan gaya bekerjanya. Jika sudah begitu, biasanya harus memutuskan salah satu hubungan, berhenti menjadi rekan kerja atau berhenti menjadi pasangan kekasih jika Anda belum menikah. Maka dari itu, pastikan dulu Anda cocok dan mampu menyelaraskan diri dengan cara kerja masing-masing.

4. Atur skala prioritas dan patuhi

Skala prioritas termasuk waktu dan hubungan perlu Anda atur dan patuhi. Kelola mana yang lebih penting untuk didulukan. Bisnis bareng pasangan juga tidak melulu mengurus soal kerja dan kerja. Luangkan waktu untuk ngobrol santai dengan pasangan di luar obrolan seputar pekerjaan. Hubungan asmara yang baik akan membawa dampak positif pada hubungan rekanan kerja yang baik.

Baca juga: Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis? Begini Caranya!

5. Selalu terbuka dan jalani dengan nyaman

Keuntungan berbisnis dengan pasangan adalah Anda seharusnya bisa lebih terbuka dan menjalin komunikasi yang lebih baik. Bisnis dengan pasangan juga harus dijalani dengan nyaman. Selalu bersikap terbuka lebih-lebih kalau soal pekerjaan. Jangan ragu untuk berdiskusi tantangan masa depan tentang bisnis bersama pasangan.

Untuk Anda Kanefoodies yang mungkin sudah pernah, sedang, atau ingin berbisnis dengan pasangan, kendala apa saja sih yang Anda hadapi? Yuk, ceritakan pengalaman berbisnis bareng pasangan versi Anda di kolom komentar ya!

featured images via freepik.com

A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat