4 Tips Memilih Ruko yang Tepat untuk Memulai Berbisnis

tips-kuliner-konvensional
5 Tips Buka Bisnis Kuliner Konvensional Agar Tetap Diminati
February 9, 2018
4 Solusi Atasi Modal Bisnis Terbatas Untuk Anda yang Ingin Membuka Bisnis Sendiri
March 6, 2018

4 Tips Memilih Ruko yang Tepat untuk Memulai Berbisnis

tips-memilih-ruko

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis dan ingin ekspansi, tidak hanya membuka toko online, Anda bisa melakukan perkembangan bisnis secara konvensional atau dengan cara memiliki toko offline. Syukur-syukur jika Anda menyulap rumah Anda sendiri untuk membuka gerai atau toko offline Anda. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa membidik ruko untuk tempat memulai berbisnis.

Memilih ruko untuk berbisnis jangan hanya sekedar pilih. Ini jelas beda dengan memilih rumah untuk ditinggali. Pemilihan ruko untuk bisnis Anda akan membawa dampak jangka panjang untuk bisnis Anda juga. Pun jika bisnis Anda masih tergolong kecil, bisnis UKM, bisnis yang dimulai dengan modal kecil, misalnya, Anda juga jangan ragu untuk mulai melirik ruko. Kepemilikan ruko atau offline store untuk bisnis Anda ini penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.

Baca juga: Yang Harus Anda Siapkan Kalau Mau Merintis Bisnis Rumahan

Tips memilih ruko yang tepat untuk bisnis Anda

  1. Berada di lokasi yang strategis

Lokasi strategis adalah hal yang paling penting untuk menentukan ruko untuk bisnis. Pilihlah ruko yang berada di jalan utama atau ya paling tidak, di lokasi-lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas atau tempat umum. Lokasi ini menunjang adanya pelanggan yang mendatangi ruko Anda. Perhatikan pula aksesnya, apakah mudah untuk kendaraan parkir, berada di jalan yang satu arah atau dua arah, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Tips Buka Bisnis Kuliner Konvensional Agar Tetap Diminati

  1. Perhatikan faktor keamanan

Kalau Anda membuka toko offline, keamanan juga harus Anda perhatikan. Jika Anda memiliki staf atau pegawai, pastikan keamanan barang-barang juga terjaga. Biasanya, pihak penyedia ruko akan menawarkan soal keamanan ini. Namun Anda jangan cepat percaya, sebaiknya lakukan survei kecil-kecilan, tanyakan pada penduduk sekitar, apakah ruko atau daerah tersebut rawan tindak kejahatan atau tidak. Soal keamanan ini, jangan pernah disepelekan ya, Kanefoodies!

  1. Pelajari harga sewa ruko

Mungkin poin ini duluan yang Anda pikirkan. Betul, tapi jangan sampai termakan harga murah dengan fasilitas seadanya. Lokasi yang strategis, keamanan terjamin, mungkin akan lebih merogoh kocek. Namun, mungkin itu juga sepadan dengan fasilitas atau jaminan perkembangan bisnis yang akan Anda rasakan nantinya. Pelajari harga ruko yang ditawarkan, wajar atau tidak, jangan lupa untuk membandingkan harga ruko sekelas dalam satu kawasan. Anda juga harus mengkalkulasi dengan biaya operasional lainnya untuk bisnis Anda. Jangan sampai buka toko offline malah merugi ya.

Baca juga: Bingung Menentukan Harga? Nggak Lagi, Karena Ada Strategi Ini!

  1. Memastikan legalitas ruko

Nah soal legalitas ini juga jangan sampai Anda lewatkan, urusan legalitas justru yang paling penting. Tanyakan keabsahan legalitas ya. Sebab memiliki bisnis di ruko itu biasanya sistem administrasinya lebih rumit dibanding hanya jualan online yang regulasinya belum terlalu ketat. Jadi, pastikan legalitas ruko dulu sebelum kemudian mengurus legalitas atau administrasi lainnya seputar izin bisnis ya.

Dengan memiliki ruko, diharapkan Anda bisa bersaing dengan bisnis konvensional atau setidaknya menguasai pasar setempat. Anda bisa dengan menjadi agen Kanefood untuk satu wilayah atau kota Anda dan kemudian membuka ruko jika belum memilikii tempat sendiri untuk berjualan. Untuk menjadi agen Kanefood, kontak CS Kanefood sekarang juga ya!

featured images via freepik.com

A.K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat